DINAS OPERASI BB 301 YANG ADA DI INDONESIA || KERETA API MINIATUR DAN KERETA API MODEL - lokomotif BB 301 adalah lokomotif tertua yang ada di indonesia yang pertama kali menggunakan mesin bogie dan mesin hedraulik. lokomotif ini juga di jadikan sebagai lokomtif yang pertama kali membawa ide-ide terbaru untuk kereta api yang saat ini sering kita jumpai.
mengapa?
karena, lokomotif BB 301 ini memiliki mesin yang masih digunakan pada lokomotif CC yang sering kita jumpai dan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia. contoh halnya adalah lokomotif CC yang masih menggunakan double penggerak untuk menghubungan bogie depan dengan bogie belakang itu yang disebut dengan mesin GE. selain itu, lokomotif BB juga menjadi salah satu lokomotif pertama yang menggunakan dua kabin yang saat ini juga di gunakan oleh lokomotif CC 206.
baca juga : DESKRIPSI LOKOMOTIF BB 301 || SKALA HO DAN SKALA MINIATUR
lokomotif BB 301 adalah lokomotif yang pertama kali dinobatkan sebagai lokomotif terbaik di sepanjang sejarah, tepatnya pada tahun 1964-1995 tepat dibawah naungan PNKA dan PJKA yang pada saat itu telah beroperasi sebagai pemantau lokomotif. mengapa lokomotif BB 301 menjadi salah satu lokomotif yang paling bersejarah? karena pada masa itu, kereta / lokomotif BB 301 ini telah beroperasi sebagai kereta api penarik gerbong express dari yang biasa sampai yang hight class. kereta express yang dimaksutkan itu diantaranya adalah : Parahijangan, Bintang Sendja, Djaja, Bandung Ekspres, Bima, Purbaya, dan Tumapel.
BB 301 telah beroperasi dengan menjadikannya sebagai penarik semua jenis gerbong baik di jalur utara ataupun di jalur selatan. tidak hanya di bagian jawa barat saja, Jawat TImur, Jawa Tengah dan wilayah Pulau Sumaterapun juga bernasib sama. yaitu menjadikan lokomotif BB 301 sebagai lokomotif yang beroparsi dengan jumlah yang sangat banyak. sehingga menjadikan lokomotif BB 301 sebagai icon lokomotif perkeretaapian indonesia pada tahun 1970-1980.
untuk kedinasan BB 301 yang di tempatkan di wilayah Pulau Sumatera, kebanyakan lokomotif ini dioperasikan sebagai kereta api penarik gerbong BBM dan gerbong barang "kelapa sawit", yang ditempatkan di wilayah Medan-rantauprapat.
tipe lokomotif BB 301 yang pada saat itu beroperasi pada tahun 1964-1965, mesin dari lokomotif BB 301 menggunakan Motor Maybach Mercedes-Benz, dan untuk kereta api jenis BB 301 yang pada saat itu beroperasi pada tahun 1970-an menggunakan mesin motor dengan tipe MTU-MD 12V 538 TB10
baca juga : DESKRIPSI LOKOMOTIF BB 303 || SKALA KERETA MODEL DAN SKALA MINIATUR / HO
semua jenis lokomotif BB 301 yang pada saat itu beroperasi, semuanya pernah mengalami re-powering atau perancangan ulang terhadap mesin BB 301. waktu proses re-powering yang pada saat berlangusng, dilaksanakan tepat pada tahun 1984-1988-an. proses re-powering ini bertujuan untuk meningkatkan performa yang dimiliki dari lokomotif BB 301 agar jauh lebih baik dan jauh lebih bertenga. selain itu, proses re-powering yang terjadi pada lokomotif BB 301 juga mampu meningkatkan atau memperpanjang masa pakai lokomotif yang pada saat itu sedang di dinaskan sebagai kereta api pelangsir.
meskipun lokomotif BB 301 banyak yang di lakukan proses re-powering, tugas dari BB 301 juga dibantu oleh CC 201 guna untuk mempercepat kereta api BB saat berdinas. karena, performa CC 201 juga sangat mengagumkan ketika lokomotif itu datang ke indonesia
------------------------
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis BB 303/4/5 dalam bentuk atau ukuran miniatur, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi
0 komentar:
Posting Komentar