Video of the day

Home » » LOKOMOTIF CC 202 | JUAL MINIATUR LOKOMOTIF INDONESIA, JUAL KERETA MODEL

LOKOMOTIF CC 202 | JUAL MINIATUR LOKOMOTIF INDONESIA, JUAL KERETA MODEL

LOKOMOTIF CC 202 | JUAL MINIATUR LOKOMOTIF INDONESIA, JUAL KERETA MODEL - lokomotif CC 202 adalah lokomotif diesel tipe Co'Co milik PT KAI yang berdinas di Sumatera Selatan. lokomotif CC 202 ini dibuat oleh perusahaan Electri-Motive Diesel, Inc, Kanada dengan nomor series EMD G26MC-2U. lokomotif CC 202 juga menjadi salah satu lokomotif pertama yang memiliki beban terbesar di Indonesia, yaitu 108 ton. lokomotif cc 202 juga memiliki sebutan sebagai "adik" dari lokomotif EMD SD38-2 yang terletak di Amerika Serikat, dengan spesifikasi 6 gandar buah roda dan bogie tipe HT-C (high-traction C) serta daya kekuatan mesin sebesar 2.000 hp (1.500 kW) Roots Blowwer/Supercharger EMD 16-645E. mesin yang terdapat pada lokomotif terbaru Amerika ini, menjadi pembeda dengan mesin tipe EMD SD40-2 yang mampu mengeluarkan daya kekuatan sebesar 3.000 hp (2.240 kW) turbocharger EMD 16-645E. lokomotif yang memiliki tipe mesin seperti ini, akan memiliki sebutan "kakak" dari lokomotif CC 205.

definisi dari mesin G26MC-2U adalah :

G = Design standar roadswitcher EMD, bentuk pasaran Export dari Amerika Serikat.
26 = mesin EMD seri 645E yang memiliki 16 silinder
M = lightweight frame untuk lokomotif narrow gauge
C = memiliki 6 gandar yang disusun Co-Co
2 = sistem elektronik Dash-2
U = Universal - memiliki dimensi motor traksi yang bisa digunakan untuk lebar sepur sempit.

baca juga : LOKOMOTIF DIESEL C 300 || MINIATUR LOKOMOTIF, KERETA API MODEL


KE-DINASAN LOKOMOTIF CC 202 DI NEGARA INDONESIA

lokomotif CC 202 adalah lokomotif terberat yang pernah di miliki oleh PT KAI, mengapa lokomotif ini memiliki beban yang sangat berat? karena lokomotif CC 202 dirancang dan di desain sesuai dengan peng-operasiannya yang menjadi lokomotif penarik gerbong Batubara yang terletak di wilayah Sumatera Selatan. meskipun lokomotif ini dirancang menjadi kereta pelangsir batu bara, tidak jarang lokomotif ini juga menarik gerbong penumpang. lokomotif CC 202 hanya di tempatkan di Sumatera bagian Selatan, mengingat lokomotif CC 202 memiliki berat 108 ton dan tidak cocok jika di tempatkan di wilayah jawa, karena medan dan traknya tidak di desain untuk kereta barang. lokomotif CC 202 yang terletak di pulau Sumatera ini berjumlah 39 unit yang di tempatkan di Dipo Lokomotif Tanjung Karang. pada bulan April 2008 silam, Dipo Lokomotif Tanjung Karang kedatangan 9 unit lokomotif CC 202 lagi dengan spesifikasi model dan mesin yang sama persis dengan lokomotif sebelumnya. sehingga, membuat total keseluruhan lokomotif CC 202 menjadi 48 unit.

lokomotif CC 202 ini memiliki daya tarik mesin sebesar 2.000 hp dengan susunan model bogie bergandar "Co'Co", yang artinya adalah lokomotif CC 202 memiliki 2 bogie yang berisi 3 roda dan mampu bergerak secara bersamaan.

baca juga : 5 LOKOMOTIF TERBAIK YANG MENJADI ANDALAN PT KA INDONESIA


SEJARAH KEDATANGAN LOKOMOTIF CC 202

lokomotif CC 202 ini sebenarnya sudah datang di Indonesia pada saat PJKA masih berdinas, yakni sekitar tahun 1986 dan lokomotif CC 202 ini di beli langsung oleh PT PJKA dari perusahaan Divisi Electro-Motive General Motors, yang terletak di Benua Amerika Serikat. pada generasi pertama kedatangan lokomotif CC 202 ini hanya berjumlah 15 buah dan langsung di DInaskan sebagai kereta api Babaranjang (kereta batubara). pada masa awal beroperasinya lokomotif CC 202 ini, lokomotif mampu manarik gerbong dengan jumlah 50-60 unit. tetapi, pada tahun 1990-an gerbong barang mulai di kurangi hingga 40-45 gerbong saja dengan alasan mesin CC 202 mulai sedikit kuwalahan. kemudian pada tahun 1990 dan 1995 didatangkan lagi lokomotif CC 202 dengan jumlah 18 unit yang kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2001 dengan jumlah 4 unit. pada tahun 2002 juga di datangkan lagi 2 unit lokomotif dengan alasan kekurangan lokomotif CC 202 dan yang terahkir didatangkan pada tahun 2008 yang berjumlah 9 unit.

MESIN CC 202

lokomotif CC 202 adalah lokomotif yang menggunakan mesin EMD 16-645E dengan spesifikasi Silinder 16 inc. lokomotif CC 202 juga di lengkapi dengan sistem supercharger atau disebut dengan Roots Blower. lokomotif CC 202 menjadi lokomotif pertama yang memiliki mesin V16 (mesin EMD 645) dengan spesifikasi mesin terhandal yang pernah di buat oleh perusahaan EMD. mesin EMD 645 ini adalah mesin yang dibuat berdasarkan permintaan konsumen saja, meskipun mesin EMD 645 sudah dibuat sejak tahun 1964 sampai 2011. mesin EMD ini menjadi mesin terlaris perusahaan EMD sejak di luncurkannya lokomotif EMD SD40 dengan tambahan mesin turbocharger EMD-645E3, tepat pada tahun 1964. mesin EMD 645 ini, terbukti handal dengan masih kuatnya lokomotif CC 202 untuk manarik gerbong babaranjang yang berjummlah 47 unit dengan kecepatan maximal 80 km/jam.

Alokasi

sejak tahun 1986 sampai saat ini, terdapat 47 unit lokomotif CC 202 yang masih beroperasi dengan kedinasan lokomotif babaranjang. sedangkan untuk lokomotif CC 202 16 (CC 202 90 01) sudah di afkirkan sejak terjadinya peristiwa luar biasa dengan lokomotif CC 201 89 11 (CC 201 83R) yang terletak di Sumatera selatan.


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80