Video of the day

Home » » LOKOMOTIF CC 203 || JUAL MINIATUR LOKOMOTIF KERETA API INDONESIA || KERETA API MODEL

LOKOMOTIF CC 203 || JUAL MINIATUR LOKOMOTIF KERETA API INDONESIA || KERETA API MODEL

 ,gambar miniatur kereta api indonesia  ,miniatur kereta api dari korek gas  ,games miniatur kereta api  ,gambar miniatur kereta api kertas  ,miniatur gerbong kereta api kertas  ,harga kereta api miniatur  ,miniatur kereta api ho  ,miniatur kereta api skala ho  ,jual miniatur kereta api ho  ,harga miniatur kereta api bermesin  ,harga miniatur kereta api yang bisa jalan  ,harga miniatur kereta api termurah
LOKOMOTIF CC 203 || JUAL MINIATUR LOKOMOTIF KERETA API INDONESIA || KERETA API MODEL - hai guys, selamat datang di blog 'TOKO KERETA UAP', blog yang berisi tentang artikel-artikel manarik seputar kereta api Indonesia. kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel menarik yang berisi tentang kereta api asli Indonesia. sejarah dari lokomotif ini, konon telah menggantikan peran dari kedinasan kereta api sebelumnya dengan hasil yang sangat memuaskan. bayangkan saja, semenjak hadirnya lokomotif ini dan mulai di Dinaskan di indonesia membuat lokomotif-lokomotif yang sebelumnya beroperasi, sekarang hanya mejadi pajangan museum.

lokomotif apa itu bro? kok kayak waoww bangetsss?

lokomotif yang saya paparkan definisinya tadi, ialah LOKOMOTIF Indonesia dengan tipe CC 203. dimana, lokomotif ini telah di tugaskan sebagai lokomotif pelangsir untuk menggantikan tugas dari lokomotif CC 201. mengingat bahwasanya lokomotif CC 201 sudah tidak mampu lagi untuk di Dinaskan sebagai kereta api pelangsir.

Lokomotif CC 203 adalah lokomotif Indonesia dengan model mesin Diesel Elektrik yang di miliki langsung oleh PT Kereta Api Indonesia. lokomotif CC 203 ini di rakit dan dirangcang oleh perusahaan General Electrik Transportation yang bekerja sama langsung dengan GE lokomotif Indonesia dengan nomor series U20C. menurut Ir. Hartono, A.S., M.M., yang bekerja sebagai Dosen STTD Bekasi, telah memaparkan komentarnya yang tertulis di majalah Kereta Api edisi Mei 2014. bahwa lokomotif CC 203 adalah sebuah lokomotif yang diciptakan dan dirancang dari hasil pengembangan lokomotif CC 201. beliu mengatakan akan hal ini, karena di dasari dari segi teknis.

baca juga : REPLIKA KERETA UAP DARI KOTA SOLO, SARANA UNTUK MENGELILINGI KOTA SOLO


 ,miniatur kereta api kertas indonesia  ,miniatur kereta api kuno  ,miniatur kereta api kato  ,miniatur kereta api listrik  ,miniatur kereta api lengkap  ,miniatur kereta api lego  ,miniatur kereta api luar negeri  ,taman miniatur kereta api lembang bandung  ,video miniatur kereta api lokomotif  ,video kereta api mainan miniatur  ,miniatur kereta api mesindesign kabin masinis yang terdapat pada lokomotif CC 203 ini sedikit berbeda dengan CC 201, membuat lokomotif CC 203 sedikit tampak lebar dengan tujuan kenyamanan masinis. lokomotif yang bergandar Co'Co ini diambil dari bentuk bogie yang membentuk 3 roda dalam setiap bogie dan memiliki 2 traksi penggerak yang terhubung antara bogie depan dengan bogie belakang. yang menjadi perbedaan antara CC 203 dengan CC 201 adalah lokomotif CC 203 memiliki motor disel 2 tingkat lebih tinggi dari lokomotif CC 201 di dinamakan dengan Turbo Charger, dengan tujuan untuk meningkatkan daya tarik mesin sebesar 2.150 hp

SEJARAH OPERASIONAL CC 203

pada saat penyambutan kereta api kelas Argo yang pada saat itu masih dikatakan baru, tepat pada tahun 1995, Perumka (PT KAI mada masa itu) mendatangkan lokomotif CC 203 ini, digunakan sebagai penerus lokomotif CC 201 yang di operasikan langsung sebagai KA express. lokomotif CC 203 ini di datangkan langsung dari Benua Amerika Serikat sebanyak 12 unit, tepat pada tahun 1995 silam. dan lokomotif CC 203 ini menjadi salah satu lokomotif andalan yang di operasikan sebagai lokomotif penarik KA Express yang bertempat di Pulau Jawa.

peluncuran atau perilisan lokomotif CC 203 ini, dilaksanakan bersamaan dengan kereta api Argo Bromo dan Argo Gede, tepat di stasiun Gambir, Jakarta Pusat. pada masa itu, lokomotif CC 203 ini jarang sekali di gunakan sebagai lokomotif penarik Gerbong Barang ataupun gerbong Kereta Ekonomi. karena, lokomotif ini sangat spesial untuk kedinasan kereta api express.

karena lokomotif CC 203 hanya di gunakan sebagai lokomotif penarik KA express, membuat alokasi CC 203 hanya di tempatkan di wilayah-wilayah tertentu seperti di dipo lokomotif yang hanya melayani KA-KA tipe komersil/eksekutif. lokomotif CC 203 yang di tempatkan di Dipo tersebut, diantaranya adalah Jatinegara, Bandung, Cirebon, Semarang Poncol, Yogyakarta, Sidotopo. Depot lokomotif Jember, Madiun dan Purwokerto. wilayah-wilayah tersebut, hanya di alokasikan sebagai tempat Lokomotif CC 203 yang di dinaskan sebagai lokomotif penarik gerbong express dan eksekutif.

baca juga : SEJARAH LOKOMOTIF BB 300 DI INDONESIA || LOKOMOTIF INDONESIA SKALA HO DAN MINIATUR


meskipun lokomotif CC 203 hanya berjumlah 37 unit saja. tetapi, lokomotif ini menjadi salah satu lokomotif pertama yang berhasil dibuat oleh Negara Indonesia. lokomotif CC 203 yang pertama kali dibuat yaitu CC 203-13-41 yang terletak di PT INKA, Madiun.

untuk lokomotif CC 203 yang terleak di wilayah Sumatera Selatan. lokomotif ini bisa di jumpai di wilayah operasional Divisi Regional yang terletak di Sumatera bagian Selatan, lebih tepatnya di tanjungkaran. lokomotif CC 203 yang terletak di Sumatera bagian selatan ini hanya berjumlah 4 Unit saja. dan semua lokomotif CC 203 ini, hanya dioperasikan sebagai lokomotif Dinasan KA pulp & kayu, mengingat lokomotif ini memang milik PT Tanjung Enim Lestari Pulp dan Paper. tetapi, setelah ke-Dinasan lokomoti CC 203 sebagai kereta penarik Kayu dan Pulp, lokomotif ini terlihat memprihatinkan. karena, sejak awal lokomotif CC 203 ini di operasikan, selalu saja diforsir. bahkan, PT Pulp dan PT TEL ini lebih sering menggunakan lokomotif CC 204 dan CC 202 yang katanya lebih handal dalam pengoperasian Kereta Barang.

karena adanya lokomotif CC 204 yang bertempat di wilayah Sumatera Selatan ini, membuat ke-Dinasan operasi lokomotif CC 203 semakin tergeser, termasuk ke-Dinasan sebagai lokomotif exekutif. tetapi, setelah semua lokomotif jenis CC 204 mulai di mutasi di daerah tersebut, peran CC 203 mulai tambah bergeser, karena kedatangan lokomotif terbaru yang bertipe CC 206 yang memiliki dua kabin masinis.

setelah lokomotif CC 203 ini hanya di gunakan sebagai pajangan saja, pada akhirnya peran lokomotif CC 203 di operasikan sebagai lokomotif penarik Gerbong Ekonomi, Jarak Pendek, dan Gerbong campuran. mengingat, peran dari lokomotif CC 203 telah di gantikan oleh lokomotif CC 206 yang terbilang lebih handal dalam menarik Kereta Barang ataupun Kereta Exlusif.

------------------------
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis B'B, C'C, dan lokomotif UAP "steam", anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80