Video of the day

Home » » KEUNIKAN BB 301 SEBAGAI LOKOMOTIF PELANGSIR KERETA API INDONESIA

KEUNIKAN BB 301 SEBAGAI LOKOMOTIF PELANGSIR KERETA API INDONESIA

KEUNIKAN BB 301 SEBAGAI LOKOMOTIF PELANGSIR KERETA API INDONESIA - lokomotif jenis BB memang pernah merajai dan menjadi salah satu maskot perkerta apian di Negara Indonesia dan menjadikannya sebagai kereta api pelangsir bersejarah yang pernah ada. pada dasarnya, kereta api BB 301 memang sangat di kagumi dan menjadikannya sebagai kereta api yang paling lama beroperasi sebagai kereta pengangkut di wilayah manapun.

KEUNIKAN BB 301 SEBAGAI LOKOMOTIF PELANGSIR KERETA API INDONESIA,  ,miniatur kereta api surabaya  ,miniatur kereta api semarang  ,miniatur kereta api sederhana  ,miniatur kereta api super cepat  ,jual miniatur kereta api skala ho  ,jual miniatur kereta api surabaya  ,miniatur kereta api terbesar di dunia  ,miniatur kereta api terbesar di indonesia  ,miniatur kereta api terpanjang  ,miniatur kereta api thomas  ,toko kereta api miniatur  ,taman kereta api miniatur  ,miniatur kereta api terbaru  ,miniatur kereta api tabrakan  ,miniatur kereta api tokopedia  ,miniatur kereta api tua  ,miniatur kereta api uap  ,miniatur kereta api uap indonesia  ,video miniatur kereta api uap  ,jual miniatur kereta api uap

banyak yang mengatakan bahwa lokomotif BB 301 memiliki keunikan yang terdapat pada nomor armadanya. diataranya adalah, setelah nomor BB 301 45 langusng di tambahkan menjadi BB 301 51 dan sampai saat ini tidak ada yang tau mengapa lokomotif ini tidak ada yang bernomor 46-50. pernah dikisahkan, pada saat PNKA membeli kereta api jenis BB 301 46-50 yang berasal dari perusahaan Krupp, Jerman. mereka menginformasikan bahwa lokomotif ini sudah di buat dan siap untuk di antarkan ke Negara Indonesia. tetapi, pada saat kereta api jenis BB 301 46-50 ini dalam perjalanan yang berada ditengah-tengah lautan, lokomotif ini tertukar dengan negara India.

baca juga : DINAS OPERASI BB 301 YANG ADA DI INDONESIA || KERETA API MINIATUR DAN KERETA API MODEL

kok bisa ya? padalah lokomotif itu adalah benda yang memiliki dimensi yang sangat besar dan memiliki berat mencapai 52 ton. jikapun tertukar kan aneh.

pada saat ke-5 lokomotif dengan tipe BB 301 46-50 ini sampai di Indonesia, Pihak Perusahaan Krupp Jerman, telah menginformasikan bahwa calon BB 301 46-50 yang sampai di Indonesia tersebut telah tertukar dengan kereta api yang di pesan oleh Negara India "India Railways (IR)". mengingat lokomotif jenis BB 301 45-60 yang telah datang di indonesia ini berbeda spesifikasinya dengan kereta api yang telah dipesan Negara Indonesia tersebut.

pada saat itu, perusahaan Krupp bersih keras akan menukar kereta BB 301 46-50 yang ada di indonesia ini dengan kereta api yang ada di India, karena, kereta yang pada saat itu ada di Indonesia sangat dibutuhkan oleh Negara India, mengingat kereta api yang ada di India ini sesuai dengan keinginan dan spesifikasi Negara India.

mengingat perusahaan lokomotif yang bernama Krupp, Jerman ini akan menukar ke-5 lokomotif yang ada di indonesia. pihak PNKA merasa tidak peduli dengan keadaan yang dirasakan perusahaan Krupp kerena telah terjadi kesalahan teknis ini. tetapi, lambat laun kereta api BB 301 46-50 yang ada di Indonesia ini tetap terjadi pertukaran di kedua lokomotif ini, mengingat lokomotif BB yang pada saat itu di tempatkan di indonesia memang di butuhkan oleh negara India.

yang menjadi masalah ketika lokomotif ini di pidahkan sesuai dengan penempatannya ialah, lokomotif BB 301 46-50 yang seharusnya memiliki Icon dan Buku petunjuk menggunakan bahasa Indonesia malah ditamplkan dalam bentuk bahasa India dan begitupun sebaliknya. karena buku petunjuk dan icon sudah berbentuk bahasa India, banyak masinis-masinis yang mulai kerepotan karena kesalahan ini. sehingga, menyebabkan lokomotif ini jarang di operasikan karena struktur menu yang sedikit membingungkan tadi.

baca juga : DESKRIPSI LOKOMOTIF BB 301 || SKALA HO DAN SKALA MINIATUR

lokomotif yang sudah mengalami pertukaran ini, sudah bukan lagi dinamakan sebagai lokomotif BB 301 dan menyesuaikan dengan negara yang sedang bersangkutan, begitupun sebaliknya.

karena lokomotif yang pada saat itu jarang dioperasikan hanya karena alasan icon dan bahasanya susah di mengerti. membuat ke-5 lokomotif BB ini dipindahkan ke Balai yasa Yogyakarta, hanya untuk merubah dan memodifikasi Icon dan Buku petunjuk yang ada di lokomotif ini menjadi bentuk bahasa Indonesia.

karena kesalahan teknis yang terjadi pada masa itu sangat menjengkelkan pihak PNKA, maka ke-5 lokomotif BB yang bertipe BB 301 46-50 di loncati. dan tidak dimasukkan dalam daftar inventaris perkereta apian indonesia.

------------------------
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis BB 303/4/5 dalam bentuk atau ukuran miniatur, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi



0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80