Video of the day

Home » » PENGERTIAN LOKOMOTIF DALAM KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA

PENGERTIAN LOKOMOTIF DALAM KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA

PENGERTIAN LOKOMOTIF DALAM KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA - arti kata dari sebuah LOKOMOTIF adalah sebuah rangkaian kereta Api yang terdapat sebuah mesin Diesel/listrik yang bisa bergerak kedepan dan kebelakang. lokomotif ini berguna untuk menarik atau mendorong rangkaian kereta api dengan bentuk yang memaanjang. biasanya, lokomotif ini terletak pada barisan paling depan, dan di operasikan oleh manusia yang disebut Masinis. seorang Masinis, akan mengoperasikan lokomotif sesuai dengan perintah dan prosedur dari pusat pengendalian Kereta Api Indonesia, melalui sinyal yang terletak di samping jalur rel.

JENIS LOKOMOTIF BERDASARKAN MODEL MESIN.

lokomotif yang sudah lama beroperasi di Indonesia, memiliki bentuk dan model yang berbeda-beda dan semua lokomotif itu dirancang sesuai dengan tujuan dan kegunaannya. seperti :

1. Lokomotif Uap, adalah lokomotif pertama yang menjadi cikal bakal / awal dari terbentuknya kereta Api-kereta APi modern yang sering kita jumpai hingga saat ini. lokomotif uap adalah lokomotif yang digerakkan dengan media UAP yang dipanaskan menggunakan batubara/kayu, lalu dilanjutkan dengan menyalurkan uap dari tungku air menuju turbing yang terdapat pada ujung roda lokomotif. dengan begitu lokomotif akan bisa berjalan karena dorongan uap yang di panaskan tadi.

2. Lokomotif Diesel Mekanis, lokomotif ini menggunakan media mesin Diesel yang dijadikan sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan roda-roda pada lokomotif. sumber tenaga diesel yang terdapat pada lokomotif Mekanis ini, akan di hubungkan dengan media transmisi mekanis yang kekuatannya tidak terlalu besar. sehingga, lokomotif ini jarang kita temui, mengingat keterbatasan kemampuan dari transmisi penggerak mesin diesel ini.

3. Lokomotif Diesel Elektrik. lokomotif tipe ini mungkin sering kita jumpai di Negara Indonesia. karena sejak pada tahun 1953, lokomotif CC 200 menjadi lokomotif pertama yang menggunakan mesin Diesel Elektrik. lokomotif jenis Diesel Elektrik ini menggunakan mesin diesel yang di pakai untuk menggerakkan sebuah generator agar menghasilkan aliran listrik. dengan adanya listrik tersebut, bisa di jadikan sebagai penggerak motor listrik yang terhubung pada roda Lokomotif.

4. lokomotif Diesel hidraulik. lokomotif ini adalah lokomotif yang menggunakan media mesin diesel untuk memompa oli yang tersalur ke perangkat hidraulik, perangkat ini akan terhubung menuju roda yang terdapat pada lokomotif agar roda bisa bergerak dan berputar. lokomotif tipe Hidraulik ini tidak sepopuler lokomotif model General Eletrik, karena rawan terjadinya problem atau masalah ketika di operasikan. tetapi, lokomotif dengan tipe Hidraulik ini mampu menerjang banjir dengan segala medan. karena tidak mudah terjadinya konslet ketika tergenang sebuah air.

5. Lokomotif Listrik. lokomotif listrik, adalah lokomotif yang menggunakan media listrik dan sudah pepuler di kalangan perkereta apian Indonesia. tetapi, lokomotif listrik ini hanya di gunakan oleh kalangan gerbong penumpang atau gerbong jarak pendek, mengingat daya tarik dari kereta listrik ini tidak sebesar lokomotif Diesel. untuk cara kerjanya dari kereta api listrik ini, tidak jauh berbeda dengan lokomotif General Elektrik. karena sama-sama di gerakkan oleh media listrik, hanya saja listrik yang dialirkan berasal dari kabel yang terletak di atas lokomotif.

baca juga : LOKOMOTIF CC 202 | JUAL MINIATUR LOKOMOTIF INDONESIA, JUAL KERETA MODEL

JENIS-JENIS RODA YANG TERDAPAT PADA LOKOMOTIF


jenis roda yang terdapat pada transportasi Kereta api ini, juga beraneka ragam, diantaranya adalah :

1. kode B
artinya adalah lokomotif yang memiliki 2 roda penggerak pada setiap bogieny, yang disebut dengan Bo'Bo.

2. Kode C
artinya adalah lokomotif yang memiliki 3 roda penggerak dalam setiap bogie yang disebut dengan Co'Co, seperti lokomotif Uap pada tahun 1920 dengan model roda berbentuk C Bringmirngham

3. Kode BB
yang artinya adalah lokomotif yang memiliki 4 roda, dan terdapat 2 roda dalam setiap boginya. jadi lokomotif ini memiliki bentuk bogie yang bergandar 2-2

4 Kode CC.
artnya adalah lokomotif yang memiliki bentuk bogie 3-3, jadi todal penggerak yang terdapat pada lokomotif ini adalah 6 roda penggerak dan 12 roda

5. Kode D
artinya adalah lokomotif yang biasanya memiliki gandar tunggal, dan biasanya memiliki 4 as roda penggerak, dan jumlah roda yang terdapat adalah 8 buah

baca juga : LOKOMOTIF CC 200 || MINIATUR LOKOMOTIF INDONESIA, JUAL KERETA MODEL

————————
jika anda ingin memiliki lokomotif jenis B’B, C’C, dan lokomotif jenis UAP “steam”, anda bisa memesannya di nomor : 085-100-675-165 lukman efendi


0 komentar:

Posting Komentar

kereta model, miniatur kereta api, jual kereta api miniatur, toko kereta model, toko kereta api miniatur, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, kereta model malang, miniatur kereta api lembang, miniatur kereta api murah, jual kereta model murah, jual kereta model malang, kereta model skala ho, kereta model skala 1/80